Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Diseminasi hasil riset SSGI akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Desember 2020 di Hotel El Royale Bandung

Perpustakaan B2P2VRP Salatiga Raih Predikat A dalam Akreditasi Perpustakaan

Simpan : PDF
Tggl Post : 24 Oktober 2020
Telah dibaca : 94

(Salatiga – 22/10/2020) Dalam rangka mengukur pelaksanaan Standar Nasional Perpustakaan maka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan program Kegiatan Akreditasi Perpustakan. Salah satunya adalah Perpustakaan B2P2VRP Salatiga sejak awal tahun 2020 sudah mempersiapkannya. Akreditasi ini merupakan kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Ada 6 aspek Akreditasi yang meliputi  Koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan, Tenaga, Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan, serta aspek penguat.

Persiapan dalam akreditasi perpustakaan meliputi pembinaan, supervisi dan monitoring oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga. Langkah awal adalah dengan mengadakan pra akreditasi internal secara mandiri dan bertahap dari bulan Februari-Juli 2020 dan ada 13 Perpustakaan termasuk Perpustakaan B2P2VRP Salatiga.

Penerimaan sertifikat hasil akreditasi perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 yang diadakan di ruang Plumpungan Setda Salatiga. Dari ketigabelas perpustakaan tersebut diantaranya 3 Perpustakaan Sekolah Dasar (Perpustakaan SDN Kutowinangun 12, Perpustakaan SDN Salatiga 05, Perpustakaan SD Kristen 04), 5 Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (Perpustakaan SMPN 04 Salatiga, Perpustakaan SMPN 07 Salatiga, Perpustakaan SMPN 08 Salatiga, Perpustakaan SMPN 09 Salatiga, Perpustakaan SMPN Kristen 02 Salatiga), 3 Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (Perpustakaan SMAN 02 Salatiga, Perpustakaan SMKN 01 Salatiga, Perpustakaan SMKN 02 Salatiga), 1 Perpustakaan Perguruan Tinggi (Perpustakaan UKSW) dan 1 Perpustakaan Khusus (Perpustakaan B2P2VRP Salatiga).

Sertifikat diberikan oleh Kepala Dinpersip Yayat Nurhayat, AP, M.Si kepada masing-masing sekolah dan institusi. Dalam penerimaan sertifikat ini Perpustakaan B2P2VRP Salatiga diwakili oleh Dra. Suskamdani, M.Kes. Kadin mengungkapkan pada tahun ini hasilnya sangat memuaskan dimana rata-rata memperoleh Predikat A walaupun masih ada yang memperoleh Predikat B dan C, Selamat kepada Perpustakaan B2P2VRP Salatiga dan dapat meraih Peringkat Akreditasi A dengan masa berlaku 5 tahun. (jq)

   Foto bersama 13 perustakaan penerima penghargaan     Sertifikat untuk perpustakaan B2P2VRP dengan predikat A

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah