Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Diseminasi hasil riset SSGI akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Desember 2020 di Hotel El Royale Bandung

Antusiasme Tinggi Peserta Dalam Bimbingan Teknis Daring Seri 1

Simpan : PDF
Tggl Post : 27 Oktober 2020
Telah dibaca : 206

Hai Sobat Vektora!

(Salatiga-27/10/2020) B2P2VRP telah melaksanakan Bimbingan Teknis Daring Seri 1 dengan tema "Taksonomi, Morfologi, dan Identifikasi Nyamuk" Selasa Selasa, 27 Oktober 2020. Bimtek dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Litbangkes dr. Slamet, MHP dan bertindak selaku moderator adalah Ketua Perkumpulan Pemberantasan Penyakit Parasitik Indonesia (P4I) Dr. dr. Rita Kusriastuti, M.Sc.

Dalam laporan kegiatan kepala B2P2VRP Salatiga Bp. Joko Waluyo, ST, M.ScPH menjelaskan bahwa tujuan kegiatan bimtek ini adalah sebagai media informasi tentang teknik dan identifikasi genus nyamuk dan juga tular vektor, sehingga peserta bisa memahami taksonomi dari nyamuk. Karena dengan adanya perubahan iklim musim dan pengaruh resistensi maka terjadi perubahan, sehingga dalam pengendalian nya butuh pengetahuan2 dasar tentang hal tersebut. Sehingga akan tersampaikan secara baik metode maupun caranya.
Kegiatan Bimtek Seri 1 ini dilaksanankan secara daring karena kondisi pandemi ini memncakup 3 pokok bahasan, yakni : Paparan dasar taksonomi nyamuk, Paparan morfologinya dan praktek identifikasi nyamuk yang kan dipandu oleh peneliti dan teknisi B2P2VRP yang berpengalaman.

Diluar dugaan antusiasme peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi ini terbukti dari 900 pendaftar yang disiapkan, sudah terisi penuh hanya dalam 3 hari. terdiri dari berbagai macam kalangan seperti dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, akademisi dosen / mahasiswa dan praktisi dari puskesmas dan dari berbagai sektor lainnya.
Mengingat ini adalah bimtek pertama yang menyajikan identifikasi nyamuk di bawah mikroskop secara langsung.

Sedangkan dalam sambutannya Kepala Badan Litbangkes Bp. dr. Slamet, MPH mencoba memberikan gambaran dari awal bahwa nyamuk merupakan salah satu sumber penular penyakit malaria, DBD, cikungunya, JE berdasarkan data penyakit tular vektor masih menjadi ancaram serius di indonesia. seperti contoh malaria yang menjadi ancaran di indonesia bagian timur khususnya dan konsern dari pemerintah menjadikannya salah satu yg menjadi indikator pokok di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di bidang kesehatan periode 2020-2024. dengan indikator strategis meningkatkan eleminasi malaria di kabupaten / kota.


B2P2VRP sudah memeliki peta sebaran spesies nyamuk yang positif mengandung agent penyakit di 29 provinsi di indonesia. ini sangat bagus bagi kita yg terlibat langsung di dalam konteks pemberantasan penyakit yg diakibatkan oleh vektor. Dan refleksikan dengan sangat bagus dalam kegiatan bimtek ini denga termanfaatkannya data tersebut oleh banyak pihak terkait. Dengan diketahuinya spesies vektor di suatu daerah maka bisa ditetapkan cara / metode / model pengendalian penyakit agar upaya itu menjadi lebih tepat dan efektif. Kabadan berharap semoga pertemuan ini dapat meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan dalam menentukan identifikasi genus nyamuk.

Salam Sehat..

      Praktek identifikasi nyamuk dengan mikroskop      Paparan Dasar taksonomi nyamuk dari Dra. Widiarti, M.Kes


 

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah