Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Diseminasi hasil riset SSGI akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Desember 2020 di Hotel El Royale Bandung

Satukan Tekat di Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-56

Simpan : PDF
Tggl Post : 12 November 2020
Telah dibaca : 116

Hai Sobat Vektora,

(Salatiga - 12/11/2020) Hari ini, 12 November 2020, kita memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56. Tahun ini adalah tahun yang berat bagi sektor kesehatan di seluruh dunia. Pandemi Covid-19 yang melanda belum terlihat titik akhirnya. Semua masih terus berjuang. “Jaga Diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19” Segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah, tidak akan terwujud tanpa adanya partisipasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

COVID-19 telah berdampak terhadap aspek kesehatan, sosial dan ekonomi, serta terganggunya pelayanan di berbagai bidang. Kondisi ini cenderung akan berlanjut sejalan dengan masih banyaknya pihak yang mengabaikan protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan, serta belum membudayanya perilaku pencegahan COVID-19 di masyarakat.

Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah satu-satunya cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 hingga ditemukan vaksin atau pengobatan yang efektif. Masyarakat harus membiasakan diri untuk selalu memakai masker, utamanya bila keluar rumah, selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin. Selain itu, perilaku hidup sehat dengan cukup berolahraga dan makan makanan bergizi seimbang harus terus dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh.

Seluruh sektor bergabung menjadi satu dalam melalui pandemi ini.  Tracing, testing dan treatment menjadi lini utama dalam memerangi virus COVID-19.  Pelacakan kasus terus dilakukan oleh tenaga teknis tracing di daerah tanpa lelah. Ratusan ribu sampel diuji secepat mungkin di laboratorium pemeriksa Covid-19 yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.  Para tenaga kesehatan terus berjuang agar pasien Covid-19 dapat sembuh dan pulih dengan cepat sehingga menekan angka kematian akibat Covid-19. Selain itu, banyak tenaga teknis lain yang ikut membantu dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Petugas data, petugas limbah medis, petugas farmasi, petugas promosi kesehatan, relawan dan petugas teknis lain yang tidak mungkin disebutkan satu per satu.

Namun, segala yang di upayakan oleh para petugas itu akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan kemauan masyarakat untuk terus mengikuti protokol kesehatan. Kami tidak bisa berjuang sendirian, kita harus berjuang sama-sama.  Saat ini kita memerangi musuh yang sama. Semua akan lebih mudah jika kita bersatu padu untuk menghentikan laju pandemi.

Angkat topi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang selalu mengikuti protokol kesehatan. Tanpa itu semua, usaha kami sia-sia. Optimis dan jangan putus asa, tidak ada badai yang tidak akan berlalu. Namun, ini tidak akan mudah jika kita tidak berusaha. Sempatkan selama 56 detik bertepuk tangan, untuk kita semua yang tidak berhenti berjuang melawan pandemi ini. Posting tepuk tangan di sosial media Sobat Vektora semua. Kita sampaikan pada virus ini bahwa kita tidak takut, kita tidak menyerah.  “SATUKAN TEKAD MENUJU INDONESIA SEHAT” demi terwujudnya manusia Indonesia sehat , produktif, berdaya saing, dan aman dari Covid-19.

SALAM SEHAT

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah