Advertisement


Advertisement

Follow us on




  

B2P2VRP Laksankan Advokasi Rekomendasi Kebijakan Sistem Surveilans Lepstospirosis Di TIngkat Puskesmas

Simpan : PDF
Tggl Post : 01 Desember 2020
Telah dibaca : 209

(Banyumas-30/11/2020) Pada Hari Senin, tanggal 30 November 2020, B2P2VRP Salatiga mengadaan kegiatan Advokasi Rekomendasi Kebijakan (Policy Brief) menerapkan Sistem Surveilans Leptospirosis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) pada masa pandemi covid-19. Acara yang dilaksanan secara daring maupun luring ini dibuka oleh Kepala B2P2VRP Salatiga, Bapak Joko Waluyo, ST, MScPH. Dalam Sambutannya beliau mengatakan bahwa kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai penyakit leptospirosis sehingga penyebaran penyakit Leptospirosis sulit di deteksi. Untuk itu, diharapakan kita bersama-sama dapat saling bekerjasama dalam pengendalian penyeberan penyakit leptospirosis.

Selanjutnya acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Bapak Sadiyanto, S.K.M., M.Kes. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah dilibatkan dan didampingi dalam pengendalian penyakit leptospirosis di Kabupaten Banyumas. Setelah membuka acara, beliau melanjutkan paparan mengenai situasi leptospirosis di Kabupaten Banyumas.

Selanjutkan paparan disampaikan oleh dr. Lisa Novipuspitasari, Sp.PD mengenai double infection leptospirosis – Covid-19 Studi Kasus di RSUD Sunan Kalijaga Demak, Jawa Tengah, Kemudian acara diselingi dengan diskusi dan tanya jawab serta pemutaran video mengenai penanganan penyakit leptospirosis di Kabupate Banyumas.

Paparan selanjutnya mengenai Advokasi Rekomendasi Kebijakan yang di sampaikan oleh Bapak Dr.Ristiyanto, M.Kes dan Farida Dwi H, S.Si, MS dan dilanjutkan paparan mengenai Pemanfaatan Aplikasi elektronik Surveilans Leptospiross dalam penemuan kasus leptospirosis di tingkat puskesmas oleh Mujiyanto, S.Si, MPH.

Setelah seluruh pemateri menyampaikan paparan mereka, kemudian para pakar diantaranya Prof Dr. M. Sudomo, Prof dr. M. Hussein Gasem, Ph.D, Sp. PD., K-PTI, Prof drh. Setyawan Budiharta, M.Sc., Ph.D, Dr. dr. Trihono, M.Sc menyampaikan tanggapan mereka.

Adapun kesimpulan dari hasil pertemuan hari ini antara lain tetap dilaksanakannya penelitian surveilans lepto berbasis puskesmas yang lebih komprehensif. Dinas Kesehatan akan lebih mengoptimalkan peran dari Puskesmas dalam mendeteksi awal gejala leptospirosis, serta meningkatkan jejaring dengan dokter praktek mandiri atau klinik dan kerjasama lintas program(GM)

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah