Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Unggul dalam Inovasi dan Kreasi, Ikhlas dalam Manfaat dan Dedikasi untuk Mengabdi *

B2P2VRP Tingkatan Kapasitas Laboratorium Resistensi Insektida

Simpan : PDF
Tggl Post : 09 Maret 2021
Telah dibaca : 398

(Salatiga-23/02/2021) Dalam rangka peningkatan kapasitas laboratorium resistensi insektida B2P2VRP, pada tanggal 29 Januari 2021, dilaksanakan pelatihan resistensi lalat dan Kecoa yang di selenggarakan di Aula gedung Pelatihan B2P2VRP Salatiga. Sebagai pengisi materi adalah Prof.Intan Ahmad,PhD  dan tim dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Institute Pertanian Bogor (IPB).

Pelatihan ini diikuti oleh para peneliti dan teknisi litkayasa dengan materi utama faktor faktor yang mempengaruhi resisten, pengujian dan klasifikasi resistensi kecoa dan Lalat rumah, serta Analisis dan Statistiknya.  

Pada pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, dilakukan juga diskusi tentang beberapa hal yang masih menjadi perdebatan pada dunia uji resistensi diantaranya tentang modifikasi resistensi salah satunya tentang resistensi yang bisa diturunkan dari gen dominan secara cepat, akan tetapi resistensi di lapangan tidak terjadi dengan cepat. Menurut Narasumber hal ini disebabkan Karena populasi serangga yang terpapar oleh insektisida secara konstan tercampur dengan serangga yang belum pernah terpapar sehingga ada serangga yang rentan dan ada serangga yang resisten. Jika terpapar insektisida terus menerus, populasi yang resisten akan meningkat sedangkan yang rentan akan menurun. Padahal, fitness cost serangga resisten lebih rendah dibanding dengan serangga yang rentan.

Pembahasan tentang pengadaan insektisida untuk uji bottle assay menjadi salah satu pertanyaan yang di ajukan oleh B2P2VRP salatiga, dikarenakan selama ini lab B2P2VRP salatiga cukup kesulitan untuk mendapatkan insektisida dengan grade yang murni untuk melakukan uji resistensi. Selain itu, permasalahan perhitungan mortalitas uji resistensi apakah dihitung saat knockdown atau holding juga menjadi salah satu bahasan yang menarik pada saat diskusi.

Setelah dilakukan pelatihan dan update ilmu tentang pengujian resistensi lalat dan Kecoa ini, diharapkan para peneliti dan teknisi laboratorium resistensi B2P2VRP Salatiga dapat melakukan pengujian Lalat dan kecoa secara lebih valid sehingga dapat menunjang akreditasi ISO 17025/2017.

Selain untuk mengisi pelatihan resistensi Lalat dan Kecoa, tim dari SITH,ITB juga melakukan kunjungan di Insektarium pemeliharaan nyamuk B2P2VRP Salatiga. Insektarium B2P2VRP Salatiga, di anggap sebagai salah satu insektarium terlengkap dan dengan koloni terbanyak di Indonesia. Sehingga SITH ITB akan mengadopsi cara pemeliharaan nyamuk khususnya Anopheles di laboratorium mereka. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan kerjasama antara B2P2VRP Salatiga dengan SITH ITB dapat terus terjalin dengan baik. (MTP)

 

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah