Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Unggul dalam Inovasi dan Kreasi, Ikhlas dalam Manfaat dan Dedikasi untuk Mengabdi *

Kunjungan Kepala Badan Litbangkes ke B2P2VRP Salatiga dalam rangka Standardisasi Pembangunan Laboratorium BSL-2

Simpan : PDF
Tggl Post : 10 Maret 2021
Telah dibaca : 599

(Salatiga, 6/3/2021) Keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam suatu instansi khususnya di lingkungan Badan Litbangkes.  Laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) diperlukan untuk mendukung upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19. Terbatasnya laboratorium BSL-2 di daerah menyebabkan lamanya pengujian sampel suspek Covid-19. Hal ini disebabkan oleh kendala waktu dan jarak: daerah membutuhkan waktu untuk mengirimkan sampel dari atau ke rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain.

Untuk itu Badan Litbangkes pada Jumat dan Sabtu, 5-6 Maret 2021 menyelenggarakan pertemuan dengan tema “Standardisasi Pembangunan Laboratorium BSL-2” yang diselenggarakan di B2P2VRP Salatiga. Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan 11 satuan kerja (satker) Badan Litbangkes dari Aceh sampai dengan Papua baik secara daring maupun luring. Pertemuan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan Satker Badan Litbangkes melalui peningkatan sarana prasarana dalam membangun laboratorium BSL-2 yang terstandardisasi. Harapannya, standardisasi dapat membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid-19.

Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka oleh Bapak Kepala B2P2VRP, Joko Waluyo, M.ScPH. Acara juga dihadiri oleh Kepala Badan Litbangkes; Sekretaris Badan Litbangkes; Kepala Pusat, Balai Besar, Balai dan Loka Badan Litbangkes; Kepala B2P2VRP, Koordinator Tata Usaha, Koordinator PKS dan Jarinfo, Koordinator Layanan dan Sarana Penelitian, Kepala Subbagian Administrasi Umum, Sub-Koordinator Pengembangan Pegawai dan Keuangan, Sub-Koordinator Program Evaluasi dan Litbangkes, Sub-Koordinator Kerjasama dan Jaringan Informasi, Sub-Koordinator Sarana Penelitian dan Pengembangan, Sub-Koordinator Pelayanan Teknis, Staf Program Evaluasi dan Litbangkes, serta seluruh Pegawai B2P2VRP.

                 Sambutan dari Kepala B2P2VRP                                                                                               Pembukaan dan Arahan dari Sekretaris Badan Litbangkes

Rencana yang dibahas pada pertemuan ini merupakan program pembangunan untuk diterapkan di satker Badan Litbangkes yang meliputi B2P2TOOT Tawangmangu, Balai Litbang Kesehatan Donggala, Balai Litbang Kesehatan Banjarnegara,  Balai Litbang Kesehatan Magelang, Balai Litbang Kesehatan Aceh, Balai Litbang Kesehatan Papua, Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu, Balai Litbang Kesehatan Baturaja, Loka Litbang Kesehatan Waikabubak, dan Loka Litbang Kesehatan Pangandaran. Semua satker berkesempatan memaparkan rencana pembangunan BSL-2 dan terlibat dalam diskusi mengenai strategi pembangunan Laboratorium tersebut.

Laboratorium BSL-2 yang berada di B2P2VRP Salatiga telah ditunjuk sebagai laboratorium pemeriksa Covid-19 melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/214/2020 Tanggal 19 Maret 2020. Laboratorium ditunjang oleh keberadaan personel yang tergabung dalam Tim Pengelolaan Sampel Laboratorium BSL-2 Covid B2P2VRP, meliputi: tim penerima sampel, tim form, tim pemeriksa sampel, tim pengelolaan limbah, tim verifikasi data, dan tim entry data.

Terkait hal tersebut dalam sambutannya, Sekretaris Badan Litbangkes Nana Mulyana meminta tenaga pendamping dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI untuk mengawal laboratorium BSL-2, serta disediakan pembiayaan untuk laboratorium BSL-2. Selain diskusi di atas, PT Daikin turut memaparkan penjelasan mengenai sirkulasi udara dalam ruangan BSL-2, berupa penggunaan heavy AC.

                 Kepala Badan Litbangkes dan seluruh Kasatker                                                                                   Arahan dari Kepala Badan Litbangkes

Kepala Badan Litbangkes dr. Slamet, MHP menyampaikan pada kegiatan diskusi sesi malam bahwa sebaiknya B2P2VRP dapat memberikan rekomendasi kepada para pemangku kebijakan untuk memberantas malaria di wilayah timur Indonesia seperti Papua, Maluku, NTT, dan disekitarnya. Acara kunjungan ke laboratorium B2P2VRP Salatiga dan Dunia Vektor dan Reservoir Penyakit (DUVER) menutup rangkaian acara tersebut.

 

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah