Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Unggul dalam Inovasi dan Kreasi, Ikhlas dalam Manfaat dan Dedikasi untuk Mengabdi *

Benchmarking Pelaksanaan Ristoja dan Vektora 2017

Simpan : PDF
Tggl Post : 13 Maret 2017
Telah dibaca : 3563

(Salatiga – 28/12/2016). Telah digelar kegiatan benchmarking pelaksanaan Riskesnas di aula B2P2VRP. Pada kesempatan kali ini B2P2VRP mendapatkan kehormatan untuk menyambut tamu dari Balai Litbang GAKI Magelang, Balai Litbang P2B2 Banjarnegara dan tentu Balai Besar Litbang TOOT Tawangmangu. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk koordinasi pelaksanaan Riset Nasional / Riskesnas 2017 yakni Riset Tanaman Obat dan Jamu (Ristoja) dan Riset Khusus Vektor Reservoir Penyakit (Rikhus Vektora). Dimana masing-masing instansi  penanggung jawab kegiatan sekaligus pelaksana riset tersebut adalah B2P2TOOT dan B2P2VRP.

Dalam sambutannya selaku tuan rumah kepala B2P2VRP Bp. Joko Waluyo, ST, MScPh menyambut baik kegiatan ini karena koordinasi dan studi banding perlu sering dilakukan dan melibatkan berbagai instansi baik dari segi SDM, keuangan, logistik dll sehingga dapat saling bertukar pengalaman baik kendala maupun solusi untuk menyiasatinya. Dalam sambutannya beliau juga memberikan gambaran mengenai Rikhus Vektora di B2P2VRP yang telah bejalan 4 tahun 2015 - 2018. Tahun 2016 ini bahkan bisa dibilang cukup berat karena berlangsung di 15 provinsi dengan logistik yang sangat besar. Dalam pelaksanaan Rikhus Vektora mendapatkan bantuan SDM dari balai loka litbang dan melibatkan enumerator lapangan saat puldat sekitar 700 orang dan 25 tenaga kontrak sebagai tenaga bantu pemeriksaan di laboratorium.

Hal senada juga menjadi sorotan kepala B2P2TOOT Tawangmangu Dra. Lucie Widowati, M.Si, Apt bahwa upaya koordinasi penting untuk selalu dilakukan karena sesuai jadwal pelaksanaan Riset nasional Ristoja dan Rikhus Vektora yang hampir bersamaan dilaksankan. Sesuai tindak lanjut dari arahan Kepala Badan Litbangkes di acara pertemuan sebelumnya bahwa Ristoja dan Rikhus Vektora diupayakan selesai Mei karena Riset Nasional lain akan berlangsung di bulan Agustus. Dan Kedua riset nasional tersebut keseluruhannya menggunakan SDM dari internal Litbang (baik itu dari balai besar / balai / loka) sehingga perlu dicari jalan keluar. Selain jadwal beberapa hal menjadi point bahasan pada pertemuan kali ini yakni Validasi riset, keuangan / penganggaran, pola rekrutment dll.

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah