Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Diseminasi hasil riset SSGI akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Desember 2020 di Hotel El Royale Bandung

Publikasi

Nama Berkas : Buku Tikus Jawa : Teknik Survei di Bidang Kesehatan
Deskripsi :

Menurut Weber (1982), menyatakan bahwa dengan berkembangnya teknologi kesehatan modern diketahui bahwa tikus berpotensi menularkan 31 jenis penyakit cacing, 28 jenis penyakit virus, 26 penyakit bakteri, 14 jenis penyakit protozoa, 8 jenis penyakit ricketsia, dan 4 jenis penyakit jamur. Dampak yang diakibatkan penyakit tersebut dapat ringan sampai fatal bagi kesehatan manusia dan hewan, bahkan beberapa jenis penyakit sangat mematikan baik bagi manusia maupun hewan ternak. Pengenalan kehidupan tikus pada umumnya ditujukan untuk kebutuhan pengendalian populasi, gangguan dibidang
pertanian, kesehatan, dan rumah tangga telah menarik perhatian petugas pertanian, kesehatan, para ilmuwan biologi, kesehatan masyarakat, kimia dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih mendalam kehidupan tikus demi keberhasilan pengendalian, maka mempelajari aspek biologinya, terutama morfologi, taksonomi dan ekologi merupakan hal yang harus dilakukan.

Di dalam proses mempelajari biologi tikus, mengamati, menangkap, mengawetkan dan mengumpulkan spesimen merupakan kegiatan utama. Bagi petugas kesehatan di daerah rawan penyakit tular rodensia, keberhasilan penangkapan dan identifikasi tikus secara benar akan menghasilkan keputusan tepat dalam menentukan tikus tersangka penular penyakit dan pengendaliannya. Beberapa penyakit zoonosis di Indonesia sangat berhubungan dengan jenis tikus dan ektoparasitnya seperti penyakit pes tikus Rattus exulans untuk habitat luar rumah dengan vektornya (pinjal) Stivalius cognatus dan tikus rumah Rattus tanezumi vektornya Xenopsylla cheopis. (Jan A. Rozendaal, 1997; Ima Nurisa, Ristiyanto, 2005). Untuk mengidentifikasi jenis tikus diperlukan 3 hal utama:
1. Pengetahuan tentang habitat, sebaran dan zoogeografi tikus
2. Pengetahuan ciri penting morfologi dan anatomi tikus dalam penggunaan kunci identifikasi
3. Konfirmasi secara genetik atau analisa molekuler.

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah