Advertisement


Advertisement

Follow us on




   Diseminasi hasil riset SSGI akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Desember 2020 di Hotel El Royale Bandung

Uji Stabilitas Nano Insektisida Daun Tembakau (Nicotiana tabacum)

Tahun : 2018
PI : DHIAN PRASTOWO, S.Si
Peneliti : Dhian Prastowo, S.Si., M.Biotech, Drs.Hasan Boesri,MS, Awal Prihatin
Deskripsi :

Tembakau (Nicotiana tabacum) merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan insektisida alami. Ekstrak daun tembakau diharapkan dapat dibuat nanoinsektisida menjadi bahan insektisida alternatif untuk digunakan sebagai pengendalian Aedes aegypti vektor demam berdarah dengue. Penelitian pada tahun ini mempunyai kegiatan uji stabilitas nanoinsektisida ekstrak daun tembakau (Nicotianatabaccum)serta uji efikasi larvasida untuk pengendalian vektor demam berdarah dengue. Penelitian bertujuan untuk memperoleh formulasi yang stabil dan efektif dari ekstrak daun tembakau sebagai insektisida nabati untuk pengendalian vektor demam berdarah dengue, yang dapat membunuh nyamuk Ae. aegypti, serta mendapatkan stabilitas nanoinsektisida nabati ekstrak daun tembakau dari ukuran partikel dan karakteristik partikel. Sintesis nanoinsektisida daun tembakau menggunakan

metode secara kimia menggunakan AgNO3 dan secara fisika melalui ultrasonifikasi sonicator. Uji stabilitas dilakukan selama penyimpanan 6 bulan dengan suhu ruang. Dilakukan uji efikasi larvasida dengan Aedes aegypti vektor demam berdarah dengue. Dilakukan uji pengukuran ukuran partikel dan pemetaan karakterisasi partikel. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) dengan metode eksperimental murni. Pengukuran ukuran partikel dan pemetaan karakteristik dilakukan di Laboratorium Farmasi dan Teknik Lingkungan UII dan Laboratorium Fisika dan Kimia LIPI Serpong.

Hasil penelitian yaitu ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum) dapat dibuat nanoinsektisida sebagai larvasida pengendalian Aedes aegypti stadium pradewasa vektor demam berdarah dengue. Pengukuran partikel nanoinsektisida dari bulan ke 0 sampai bulan ke 6 berukuran nano relative stabil cenderung semakin kecil dengan ukuran partikel berkisar 49,4 – 122,3 nm. Efikasi daya bunuh nanoinsektisida daun tembakau terhadap vektor demam berdarah dengue selama penyimpanan kurang dari 6 bulan relative baik untuk efektifitas daya bunuh 48 jam dengan dilihat dari nilai LC50dan LC90. Efektifitas selama 24 jam nanoinsektisida selama masa penyimpanan kurang dari 2 bulan relative baik meski cenderung turun. Hasil penelitian diperoleh bahwa ekstrak daun tembakau dapat dibuat sebagai nanoinsektisida mempunyai potensi sebagai insektisida nabati pengendalian vektor demam berdarah dengue Ae. aegypti.

Download File : NANO2018_abstract.pdf

Visi Kami
LOKASI KAMI
HUBUNGI KAMI :
  • No Telp : (0298) 327096 ; 312107
  • Email : bbppvrp.litbang@kemkes.go.id Email 2 : b2p2vrp.salatiga@gmail.com
  • Alamat : Salatiga, Jawa Tengah